SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN DAN PENYEDIAAN LAYANAN MELALUI PLATFORM

Diperbarui Terakhir: 16 Febuari 2022.

PT Genomik Solidaritas Indonesia (“Kami”) adalah pemilik dan pihak yang mengoperasikan platformhttps://gsilab.id atau https://agsi.gsilab.id/ (“Platform”) dan setiap referensi untuk “Anda” merujuk kepada setiap orang yang mengakses atau menggunakan Platform dan/atau Layanan (sebagaimana didefinisikan di bawah). Platform ini memungkinkan Anda untuk melakukan pendaftaran untuk dan menerima hasil atas pelaksanaan uji Reverse-Transcription Polymerase Chain Reaction (“RT-PCR”) dan pengetesan lain untuk mengetahui apabila Anda positif Coronavirus Disease 2019 (“Covid-19”) atau tidak (“Layanan”).

Syarat dan ketentuan penggunaan ini (“Syarat dan Ketentuan”) mengatur tentang segala informasi, tata cara, dan persyaratan yang berlaku terhadap penggunaan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform. Anda diwajibkan untuk membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta Kebijakan Privasi (sebagaimana di definisikan di bawah) dengan hati-hati dan seksama sebelum Anda menggunakan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda setuju bahwa Anda telah membaca, memahami, mengetahui, menerima, dan menyetujui seluruh informasi, syarat-syarat, dan ketentuan-ketentuan yang berlaku terkait penggunaan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform.

Mohon diperhatikan bahwa Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform apabila Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi. Syarat dan Ketentuan ini dapat diperbarui dari waktu ke waktu.

1.

KETENTUAN PENGGUNAAN PLATFORM

1.1.

Anda hanya dapat mengakses dan menggunakan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform apabila Anda telah berusia minimal dua puluh satu (21) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dengan ini, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang telah berusia minimal dua puluh satu (21) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan. Jika Anda berusia di bawah dua puluh satu (21) tahun dan belum menikah, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh izin dari orang tua atau wali Anda, kecuali Anda menyatakan sebaliknya.

Apabila Anda berusia di bawah dua puluh satu (21) tahun dan belum menikah, maka orang tua atau wali hukum Anda setuju untuk bertanggung jawab atas: (i) semua tindakan Anda terkait dengan penggunaan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform; (ii) biaya apa pun terkait penggunaan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform oleh Anda; dan (iii) kepatuhan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini.

Dengan ini Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan. Jika Anda melakukan pendaftaran untuk suatu badan usaha atau entitas tertentu, Anda juga menyatakan bahwa Anda berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama badan usaha atau entitas tersebut serta untuk mengadakan dan mengikatkan badan hukum atau entitas tersebut dengan Syarat dan Ketentuan ini

1.2.

Anda dapat menggunakan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran yang disertai pemberian data pribadi dan data kesehatan Anda (“Data Pribadi”) sebagaimana diminta dalam Platform. Informasi terkait Data Pribadi Anda yang diberikan hanya akan Kami dan/atau penyedia layanan kesehatan rekanan Kami (“Penyedia Layanan Kesehatan”) gunakan untuk menyediakan Layanan kepada Anda dan untuk tujuan lain yang telah Anda setujui dalam Kebijakan Privasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kebijakan Privasi (sebagaimana diperbarui dari waktu ke waktu) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini. Anda harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, memperbarui informasi dan setuju untuk memberikan kepada Kami bukti identitas apapun yang secara wajar dapat Kami mintakan. Jika terdapat perubahan pada Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami, misalnya, jika Anda mengubah nomor telepon, Anda wajib memperbarui rincian informasi Anda dengan mengirimkan perubahan tersebut kepada Kami.

1.3.

Anda berjanji bahwa Anda akan menggunakan Platform hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan Layanan. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Platform untuk aktivitas yang bertentangan dengan hukum, termasuk namun tidak terbatas kepada tindak pidana pencucian uang, pencurian, penggelapan, terorisme maupun penipuan. Anda juga berjanji bahwa Anda tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain atau melakukan pendaftaran palsu melalui Platform.

1.4.

Dengan memberikan Data Pribadi, dan informasi lain dan kepada Kami, Anda menyatakan bahwa Anda berhak untuk memberikan kepada Kami informasi yang akan digunakan oleh Kami dan Penyedia Layanan Kesehatan.

1.5.

Pada saat mengakses dan menggunakan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform, Anda tidak diperkenankan untuk:

a.

mengalihkan akun Anda di Platform kepada pihak lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Kami;

b.

menyebarkan virus, spam atau teknologi sejenis lainnya yang dapat merusak dan/atau merugikan Platform dan orang lain;

c.

memasukkan atau memindahkan fitur pada Platform tanpa persetujuan tertulis dari Kami;

d.

menempatkan informasi atau aplikasi lain yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain di dalam Platform;

e.

mengambil atau mengumpulkan Data Pribadi dari orang lain, termasuk tetapi tidak terbatas pada alamat surel, tanpa persetujuan dari orang tersebut;

f.

menggunakan Platform untuk untuk hal-hal yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau

g.

menggunakan Platform untuk mendistribusikan iklan atau materi lainnya.

1.6.

Platform memiliki tautan-tautan dengan situs-situs yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Tautan-tautan ini tersedia untuk kenyamanan Anda dan hanya akan digunakan untuk menyediakan akses ke situs pihak ketiga dan bukan untuk tujuan lainnya. Kami tidak menjamin kualitas, isi atau informasi dari produk atau layanan yang disediakan oleh situs yang dioperasikan oleh pihak ketiga tersebut.

2.

PENYEDIAAN LAYANAN

2.1.

Melalui Platform, Anda dapat membuat janji mendapatkan Layanan. Layanan hanya dapat disediakan setelah Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan ini beserta Kebijakan Privasi dan menyelesaikan pendaftaran diri pada Platform. Anda dapat juga melakukan pendaftaran untuk pelaksanaan Layanan atas nama pihak lain dan/atau suatu kelompok. Tanggung jawab atas kebenaran informasi dan kehadiran pihak-pihak lain tersebut menjadi tanggung jawab Anda.

2.2.

Setelah Anda menyelesaikan pendaftaran pada Platform, ketika Anda sedang menjadwalkan Layanan, Anda harus menentukan lokasi pengambilan spesimen sesuai dengan pilihan-pilihan lokasi sebagaimana tersedia pada Platform.

2.3.

Anda harus menentukan lokasi pengambilan spesimen pada saat pembuatan janji Layanan melalui Platform.

2.4.

Jadwal pengambilan spesimen yang Anda tentukan akan disesuaikan dengan jadwal dan ketersediaan atas bahan-bahan dan/atau tenaga kerja Penyedia Layanan Kesehatan, sebagaimana relevan.

2.5.

Penyedia Layanan Kesehatan dan/atau Kami dapat mengatur ulang jadwal pengambilan spesimen, selambat-lambatnya [2 x 24] jam sebelum jadwal pengambilan spesimen, apabila pada jadwal pengambilan spesimen yang Anda tentukan, bahan-bahan dan/atau tenaga kerja Penyedia Layanan Kesehatan tidak tersedia. Kami tidak bertanggung jawab apabila janji tersebut dibatalkan atau diubah oleh Penyedia Layanan Kesehatan dan/atau Kami karena alasan apa pun.

2.6.

Dalam hal:

a.

terdapat pendaftaran pengambilan spesimen untuk suatu kelompok, maka pengambilan spesimen hanya dapat dilakukan dalam satu lokasi, dan Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap anggota kelompok terdaftar berada pada lokasi pengambilan spesimen tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Dalam hal terdapat anggota kelompok yang tidak hadir atau telat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Kami, maka Kami berhak untuk tidak mengambil dan menguji spesimennya, dan pihak tersebut tidak dapat melakukan penjadwalan ulang; dan/atau

b.

terdapat pendaftaran untuk pihak lain, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pihak tersebut berada pada lokasi pengambilan spesimen tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Dalam hal pihak tersebut tidak hadir atau telat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Kami, maka Kami berhak untuk tidak mengambil dan menguji spesimennya, dan pihak tersebut tidak dapat melakukan penjadwalan ulang.

2.7.

Pada saat pengambilan spesimen:

a.

Anda dilarang untuk membawa perangkat elektronik dalam bentuk apapun pada lokasi pengambilan spesimen. Dalam hal pengambilan spesimen dilakukan pada fasilitas yang Anda tentukan, maka selama proses pengambilan spesimen, perangkat elektronik wajib, secara sementara, diberikan kepada petugas Penyedia Layanan Kesehatan atau petugas Kami yang berada pada lokasi tersebut;

b.

Anda dan/atau pihak lain yang terdaftar dilarang untuk melakukan dokumentasi dalam bentuk apapun selama berada di dalam lingkungan pengambilan spesimen tersebut; atau

c.

Anda dan/atau pihak lain yang terdaftar wajib mentaati kebijakan-kebijakan (standard operating procedure) lainnya yang ditentukan oleh Penyedia Layanan Kesehatan dan/atau Kami.

2.8.

Dengan melakukan pendaftaran untuk pelaksanaan Layanan:

a.

Anda dan/atau pihak lain yang terdaftar menyatakan telah mengerti dan memahami tata cara pemeriksaan dan setiap akibat yang dapat timbul dari diketahuinya status Anda dan/atau pihak lain apabila positif Covid-19;

b.

Anda dan/atau pihak lain yang terdaftar menyetujui untuk menjalani pemeriksaan dengan ketentuan bahwa hasil tes akan tetap rahasia dan terbuka hanya kepada Anda dan/atau pihak lain, tim perawatan dan pengobatan, ataupun institusi pemerintah yang menangani Covid-19. Adapun Penyedia Layanan Kesehatan dan/atau Kami yang menyelenggarakan Layanan akan melaporkan hasil pemeriksaan kepada Dinas Kesehatan setempat atau instansi lainnya yang terkait; dan

c.

Jika diperlukan, Anda dan/atau pihak lain yang terdaftar menyetujui untuk mendiskusikan hasil pemeriksaan dan menjalani konsultasi dengan dokter apabila hasil pemeriksaan Anda dan/atau pihak lain adalah positif untuk mengurangi resik menyebarluaskan kepada orang lain untuk masa yang datang.

3.

PEMBAYARAN

3.1.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan diberikan rincian biaya yang perlu Anda bayarkan kepada Kami. Jumlah rincian pembayaran (sudah termasuk pajak) adalah sebagaimana dijelaskan dalam rincian biaya yang tertera pada Platform (“Total Harga Pembayaran”).

3.2.

Pembuatan janji pengambilan spesimen hanya dapat dilakukan setelah Anda melakukan pembayaran sebesar Total Harga Pembayaran atau kecuali ditentukan lain.

3.3.

Pembayaran atas Total Harga Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran yang tersedia, termasuk namun tidak terbatas pada Kartu Kredit, secara langsung (transfer bank) kepada rekening Kami, atau melalui metode pembayaran lainnya sebagaimana ditentukan dan tersedia dalam Platform.

3.4.

Setiap biaya-biaya yang dikenakan sehubungan dengan pembayaran Anda kepada Kami, merupakan tanggung jawab Anda.

3.5.

Ketersediaan stok bahan-bahan pemeriksaan spesimen dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan bahan kosong, jadwal pengambilan spesimen atau penerbitan hasil pemeriksaan akan secara otomatis diubah oleh Kami, dan pembayaran yang telah Anda lakukan akan Kami simpan sampai dengan penyediaan Layanan selesai.

3.6.

Anda memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa setiap transaksi yang dilakukan antara Anda dan pihak-pihak lainnya terkait dengan Layanan, selain melalui metode pembayaran yang Kami tentukan, merupakan tanggung jawab pribadi Anda.

3.7.

Dalam hal pengambilan spesimen dijadwalkan untuk pihak lain dan/atau suatu kelompok, maka rincian pembayaran dan kewajiban pembayaran untuk Total Harga Pembayaran jatuh kepada pihak yang melakukan pendaftaran melalui Platform.

3.8.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda memahami bahwa Total Harga Pembayaran harus dilakukan dalam satu (1) transaksi, kecuali untuk jumlah-jumlah yang diatur lainnya oleh peraturan perundang-undangan.

3.9.

Dalam hal Anda membatalkan penyelenggaraan Layanan sebelum [3 x 24] jam dari jadwal pengambilan spesimen, kami akan memberikan pengembalian atas 80% (delapan puluh persen) Total Harga Pembayaran ke rekening sebagaimana Anda sampaikan. Dalam hal Anda membatalkan penyelenggaraan Layanan kurang dari [3 x 24] jam dari jadwal pengambilan spesimen, maka pembayaran atas Total Harga Pembayaran tidak dapat dikembalikan, kecuali ditentukan lain oleh Kami.

3.10.

Setiap pembayaran atas Total Harga Pembayaran harus dilakukan dalam mata uang Rupiah.

4.

KETENTUAN TRANSAKSI

4.1.

Anda wajib mengisi data pendaftaran untuk pelaksanaan Layanan secara lengkap dan akurat. Apabila terdapat ketidaksesuaian atau kecurigaan adanya ketidaksesuaian dalam pengisian data pendaftaran atau pemesanan oleh Anda, maka Kami berhak untuk membatalkan pesanan Anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

4.2.

Untuk pendaftaran dan pemesanan yang dilakukan secara berkelompok atau untuk pihak lain, Anda menjamin bahwa Anda telah mendapatkan persetujuan yang dibutuhkan sehubungan dengan Layanan serta Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi.

4.3.

Pengambilan spesimen akan dilakukan berdasarkan prosedur umum dari Penyedia Layanan Kesehatan dan Kami, sedangkan pengujian RT-PCR akan dilakukan berdasarkan prosedur umum Kami.

4.4.

Harga yang tercantum di dalam Platform saat pemesanan telah mencakup seluruh biaya.

4.5.

Hasil atas pemeriksaan laboratorium akan Kami sampaikan kepada Anda dalam jangka waktu sebagaimana Anda telah tentukan pada saat pendaftaran dalam Platform dalam format digital pada e-mail terdaftar Anda.

4.6.

Anda dapat juga meminta salinan fisik hasil pemeriksaan kepada Kami.

5.

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

5.1.

Pengambilan spesimen dengan tindakan usap hidung dan tenggorok dapat menimbulkan efek samping tertentu, antara lain:

a.

munculnya rasa tidak nyaman di bagian hidung dan mulut;

b.

Anda mungkin akan mengeluarkan air mata pada saat spesimen diambil;

c.

Anda mungkin akan merasakan refleks muntah dan bersin pada saat tindakan dilakukan; dan/atau

d.

Anda mungkin dapat mengalami pendarahan di bagian hidung dan mulut setelah tindakan dilakukan.

Sedangkan akibat yang mungkin timbul dari tindakan pengambilan darah vena adalah munculnya memar pada bekas suntikan pengambilan darah.

5.2.

Anda memahami bahwa semua pengambilan spesimen Anda akan dilakukan oleh Penyedia Layanan Kesehatan. Anda dan/atau setiap kuasa Anda (sebagaimana relevan) dengan ini menyetujui untuk membebaskan dan melepaskan Kami dari setiap tuntutan dan kerugian yang dapat timbul dari cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil maupun immateriil yang disebabkan oleh pengambilan spesimen Anda. Kami juga tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau tindakan apapun yang dilakukan oleh Penyedia Layanan Kesehatan terkait dengan pengambilan spesimen. Penyedia Layanan Kesehatan hanya merupakan mitra kerja Kami, dan bukan dalam bentuk apapun merupakan pegawai, agen atau perwakilan Kami.

5.3.

Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan lokasi dan/atau penerima hasil pemeriksaan (jika Anda meminta salinan fisik dari hasil pemeriksaan) yang disebabkan oleh ketidaklengkapan dan/atau kesalahan data yang Anda berikan kepada petugas Penyedia Layanan Kesehatan atau petugas Kami saat melakukan pendaftaran.

6.

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

6.1.

Kami adalah pemilik tunggal atas nama, ikon, dan logo yang ada dalam Platform serta semua fitur yang terdapat di dalamnya, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada nama fitur yang terdapat dalam Platform, yang mana merupakan hak cipta dan merek dagang yang dilindungi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan, memodifikasi, atau memasang nama, ikon, logo, atau merek tersebut tanpa persetujuan tertulis dari Kami.

6.2.

Seluruh konten yang ada di dalam Platform ini tunduk kepada peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan Hak Cipta dan perlindungan hak atas kekayaan intelektual lainnya. Hak cipta atas rangkaian dan/atau komponen dari semua materi yang tersedia di Platform ini, termasuk, namun tidak terbatas pada, semua konten di Platform ini dimiliki oleh Kami atau oleh pencipta asli materi tersebut. Kami memberikan kepada Anda lisensi terbatas yang bersifat non-eksklusif dan tidak dapat dipindahtangankan untuk menggunakan dan menampilkan materi di Platform ini untuk: (i) tujuan yang diizinkan oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan (ii) tujuan non-komersial bonafide lainnya yang berkaitan dengan interaksi Anda dengan Platform. Terkhusus untuk poin terakhir, lisensi mencakup hak untuk mencetak materi tetapi hanya untuk penggunaan non-komersial yang telah dinyatakan sebelumnya.

6.3.

Kecuali dinyatakan sebaliknya, Anda tidak memiliki hak untuk menyalin, menampilkan, mereproduksi, mengunduh, mendistribusikan, memodifikasi, mengedit, membuat karya turunan, merekayasa balik, mendekompilasi kode, skrip, atau perangkat lunak apa pun yang membentuk Platform, mengubah atau menambah materi dengan cara apa pun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, secara elektronik, mekanik, fotokopi, rekaman, atau lainnya, tanpa izin tertulis sebelumnya dari Kami atau pemilik hak cipta terkait. Lisensi ini berakhir secara otomatis dan tanpa pemberitahuan jika Anda melanggar sebagian atau seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Setelah lisensi diberhentikan, Anda harus memusnahkan semua materi yang diunduh atau dicetak yang diperoleh dari Platform ini dan Kami memiliki semua hak lain yang tidak secara tegas diberikan oleh lisensi ini.

6.4.

Perangkat lunak Platform disediakan untuk Anda hanya untuk diunduh dan penggunaan pribadi, tidak dapat dipindahtangankan dan non-eksklusif Platform oleh Anda sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda tidak diperbolehkan untuk menginstal atau menggunakan bagian apa pun dari perangkat lunak Platform ini kecuali Anda telah menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

Anda tidak diperbolehkan menyalin perangkat lunak ini ke server atau lokasi lain untuk direproduksi atau didistribusikan ulang lebih lanjut. Anda tidak boleh merekayasa balik, mendekompilasi, membongkar, atau memodifikasi perangkat lunak Platform ini.

6.5.

Setiap reproduksi atau redistribusi perangkat lunak Platform yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini secara tegas dilarang oleh hukum, dan dapat mengakibatkan hukuman perdata dan pidana yang berat. Pelanggar ketentuan tersebut akan dituntut sejauh mungkin.

6.6.

Kami memiliki hak sepenuhnya untuk melakukan tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terkait dengan hak kekayaan intelektual terkait Platform.

7.

PEMBERITAHUAN ATAU KORESPONDENSI

7.1.

Terkait dengan Layanan yang disediakan kepada Anda, Anda setuju untuk menerima komunikasi dari Kami melalui pengiriman pribadi, pos maupun elektronik, termasuk melalui e-mail, teks, pemberitahuan push seluler, atau pemberitahuan dan pesan melalui Platform. Anda setuju bahwa semua perjanjian, pemberitahuan, pengungkapan, dan komunikasi lainnya yang Kami sediakan untuk Anda secara elektronik memenuhi persyaratan hukum apa pun yang harus dibuat dalam komunikasi tersebut.

7.2.

Semua pemberitahuan atau permintaan informasi kepada atau tentang Kami akan diproses jika dibuat secara tertulis dan dikirimkan kepada Kami di:

PT Genomik Solidaritas Indonesia

Laboratorium: Jalan R.A Kartini, Cilandak, Jakarta Selatan.

No. Telepon: (021) 50209090.

E-mail: helpline@gsilab.id

7.3.

Semua pemberitahuan dan/atau permintaan kepada atau tentang Anda akan diproses bila diserahkan langsung, dikirimkan melalui kurir, surat tercatat, atau alamat e-mail yang diberikan oleh Anda kepada Kami atau dengan cara memasang pemberitahuan atau permintaan tersebut di Platform yang dapat diakses oleh umum tanpa dikenakan biaya. Pemberitahuan kepada Anda akan dianggap sudah diterima oleh Anda tersebut jika dan bila:

a.

Kami dapat menunjukkan bahwa pemberitahuan tersebut, baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, telah dikirimkan kepada Anda; atau

b.

Kami telah memasang pemberitahuan tersebut di Platform yang dapat diakses oleh umum tanpa dikenakan biaya.

8.

TIDAK ADA JAMINAN SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM

Platform ini disediakan “sebagaimana adanya”, dalam arti, Anda mengakui dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang ditimbulkan dari penggunaan Platform oleh Anda tetap sepenuhnya ada pada Anda dan Anda tidak memiliki hak untuk meminta ganti rugi apapun dari Kami. Kami tidak memberikan pernyataan ataupun jaminan terkait dengan:

a.

bahwa Platform ini akan bebas dari kesalahan dan/atau kecacatan maupun saat beroperasi dengan kombinasi dengan perangkat keras, perangkat lunak, sistem atau data lainnya serta bahwa kesalahan dan/atau kecacatan dalam Platform akan diperbaiki;

b.

ketersediaan dan kehandalan Platform maupun server-server pendukung dalam penyediaan Platform, termasuk terbebas dari virus dan komponen berbahaya lain;

c.

keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan kelengkapan dari Platform;

d.

bahwa Platform akan sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda; dan

e.

bahwa kualitas fitur dan informasi yang tersedia akan memenuhi harapan dan kebutuhan Anda.

9.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

Anda menyatakan dan menjamin untuk: (i) memberikan informasi yang benar, akurat, terkini, dan lengkap tentang Anda dan/atau pihak lain yang terdaftar sebagaimana diminta dalam proses pendaftaran untuk mendapatkan Layanan; dan (ii) segera memberitahukan kepada Kami terhadap segala perubahan informasi yang terkandung dalam formulir pendaftaran agar tetap akurat, terkini dan lengkap.

10.

PENGUNGKAPAN DAN KERAHASIAAN

10.1.

Sejauh konsisten dengan Kebijakan Privasi Kami, Kami berhak untuk mengungkapkan informasi pribadi apa pun tentang Anda atau penggunaan Platform oleh Anda yang Anda berikan kepada Kami jika Kami, dengan itikad baik, percaya bahwa tindakan tersebut diperlukan untuk: (i) mematuhi ketentuan atau proses hukum yang berlaku, termasuk ketentuan terkait dengan penanggulangan Covid-19 oleh pemerintah Republik Indonesia; (ii) melindungi dan membela hak atau properti Kami atau perusahaan induk atau afiliasinya; (iii) menegakkan Syarat dan Ketentuan; atau (iv) bertindak untuk melindungi kepentingan orang lain.

10.2

Untuk perincian lebih lanjut tentang penggunaan dan pengungkapan informasi pribadi Anda, mohon untuk merujuk kepada Kebijakan Privasi di [https://www.gsilab.id/tnc/#tnc-product].

11.

HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA

11.1.

Syarat dan Ketentuan ini beserta setiap formulir, dokumentasi serta semua hal yang berkaitan dengan akses Anda pada atau penggunaan Platform dan penyediaan Layanan akan diatur oleh dan ditafsirkan menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

11.2

Bahasa yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan seluruh komunikasi para pihak yang berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan adalah Bahasa Indonesia.

11.3

Syarat dan Ketentuan dan dokumen-dokumen Syarat dan Ketentuan ini (seperti lampiran-lampiran dan addendum/perubahan) merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dan akan dianggap saling menjelaskan satu sama lain.

11.4

Setiap dan semua sengketa, konflik, atau klaim yang timbul dari, atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan terkait dengan penerapan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk keraguan tentang keberadaan, validitas, atau pemutusannya ("Sengketa"), harus diselesaikan dengan pertimbangan dengan niat baik oleh Kami atau Anda dalam waktu tiga puluh (30) hari kalender setelah salah satu pihak memberi tahu pihak lain dari Sengketa.

11.5

Jika Sengketa tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah dalam periode tersebut, Sengketa akhirnya akan diselesaikan melalui arbitrase berdasarkan aturan administratif dan prosedur Badan Arbitrase Nasional Indonesia ("BANI") yang berdomisili di Wahana Graha Lantai 1 & 2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia, sesuai dengan aturan-aturan arbitrase BANI tersebut yang berlaku pada saat itu di mana aturan-aturan tersebut dianggap digabungkan dengan merujuk pada Pasal ini. Majelis akan terdiri dari tiga (3) orang arbiter, dan satu orang arbiter akan ditunjuk oleh Kami, satu orang arbiter akan ditunjuk oleh Anda dan satu orang arbiter akan ditunjuk oleh kedua orang arbiter yang ditunjuk oleh masing-masing pihak yang bersengketa atau oleh BANI apabila kedua orang arbiter tersebut tidak dapat mencapai kesepakatan. Bahasa arbitrase akan dalam bahasa Indonesia.

11.6

Selama Sengketa belum diselesaikan melalui suatu putusan final dan mengikat dari BANI, seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku dan efektif dan Anda tetap diwajibkan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.

11.7

Putusan arbitrase yang diberikan akan bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pertimbangan atasnya di Indonesia atau di tempat lain. Anda dan Kami dengan ini secara tegas mengesampingkan setiap ketentuan hukum Indonesia yang akan dengan cara lain memberikan suatu hak untuk mengajukan banding atas putusan arbitrase.

11.8

Para pihak dengan tidak dapat ditarik kembali sepakat bahwa mereka tidak akan memulai proses hukum apapun di pengadilan atau mahkamah manapun sehubungan dengan Sengketa, selain untuk memberlakukan suatu putusan arbitrase yang diberikan sesuai dengan Pasal ini.

12.

KEADAAN MEMAKSA

12.1.

Keadaan Memaksa (Force Majeure) adalah kejadian atau kondisi di luar kemampuan kendali pihak yang menyatakan dirinya berada dalam Keadaan Memaksa dan bukan disebabkan oleh kelalaian pihak tersebut, yang mempengaruhi pelaksanaan kewajiban-kewajiban di dalam Syarat dan Ketentuan ini. Meskipun demikian para pihak berkewajiban melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu untuk menghindari Keadaan Memaksa dan/atau berusaha mengurangi efek Keadaan Memaksa untuk kepentingan para pihak.

12.2

Yang termasuk dalam Keadaan Memaksa adalah:

a.

bencana alam meliputi namun tidak terbatas pada: gempa bumi, badai, angin topan, banjir;

b.

bencana non alam, yang antara lain meliputi epidemi, pandemi, wabah penyakit menular, pembatasan sosial berskala besar, yang kesemuanya harus ditetapkan oleh otoritas pemerintahan yang memiliki wewenang sesuai peraturan perundang-undangan;

c.

peperangan, agresi negara lain, pemberontakan, huru-hara, embargo; dan/atau

d.

sabotase, kebakaran.

12.3

Dibatasi oleh ketentuan-ketentuan dalam Pasal 12 ini, pihak yang tidak dapat melaksanakan seluruh atau sebagian kewajibannya akibat kondisi Keadaan Memaksa, dimana pemberitahuan tertulis tentang kondisi Keadaan Memaksa telah diberikan terlebih dahulu dan disetujui oleh pihak lainnya, maka kewajiban-kewajiban pihak yang berada dalam Keadaan Memaksa yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan ini akan ditunda (suspended) atau dibebaskan (excused) untuk sementara waktu selama terjadinya Keadaan Memaksa.

12.4

Batasan penundaan (suspend) dan pembebasan (excuse) sebagaimana yang disebutkan di atas adalah pihak yang berada dalam Keadaan Memaksa tidak berhak menunda pelaksanaan kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan untuk lingkup kewajiban lain di luar kewajiban yang terkena efek Keadaan Memaksa atau untuk jangka waktu yang lebih lama daripada efek yang diakibatkan oleh Keadaan Memaksa.

12.5

Tidak ada pihak yang akan dibebaskan dari pelaksanaan kewajiban atau pelaksanaan kewajiban menjadi ditunda semata-mata diakibatkan karena terjadinya kenaikan biaya pada saat pelaksanaan kewajiban tersebut.

12.6

Para pihak tidak akan dibebaskan dari kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhinya sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan sebelum timbulnya Keadaan Memaksa.

12.7

Keadaan Memaksa tidak mengurangi kewajiban para pihak untuk memperbaiki, mengganti dan mengembalikan pada kondisi semula segala kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan yang dilakukan oleh salah satu pihak.

12.8

Pihak yang berada dalam Keadaan Memaksa berkewajiban untuk segera memberitahukan kepada pihak yang lain secara tertulis dalam waktu [2 x 24] jam setelah Kejadian Memaksa tersebut, menjelaskan kondisi Keadaan Memaksa yang terjadi, sebab dan akibatnya serta perkiraan lamanya kondisi Keadaan Memaksa dan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mengatasinya.

13.

LAIN-LAIN

13.1.

Kami menggunakan layanan jasa pihak ketiga terkait penyediaan pembayaran, perilisan hasil melalui platform yang diwajibkan pemerintah. Karena itu segala bentuk kegagalan sistem yang disebabkan hal yang di luar kendali Kami terkait dengan layanan pembayaran yang disediakan pihak ketiga dan perilisan hasil pemeriksaan melalui layanan institusi pemerintah terkait adalah di luar tanggung jawab Kami. Namun demikian, Kami akan berupaya maksimal untuk membantu menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Penyedia jasa perbankan/pembayaran yang dipilih oleh Anda dapat mengenakan biaya tambahan kepada Anda atas layanan yang diberikan.

13.2

Kami tidak berada dalam posisi untuk memberikan saran kepada Anda dalam memilih dokter, apotek atau laboratorium yang dapat diakses melalui Platform.

13.3

Kami berhak sewaktu-waktu mengubah, menghapus, mengurangi, menambah dan/atau memperbarui fitur atau fasilitas dalam Platform. Pemakaian Anda yang berkelanjutan terhadap Platform akan dianggap sebagai persetujuan kepada perubahan, penghapusan, pengurangan, penambahan dan/atau pembaruan fitur atau fasilitas Platform.

13.4

Anda memahami dan menyetujui bahwa percakapan Anda dengan layanan pelanggan Kami akan tersimpan secara otomatis dan diarsipkan untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan Kami. Kerahasiaan percakapan Anda terjamin dan informasi tidak akan disebarluaskan.

13.5

Anda memahami dan menyetujui bahwa komunikasi Anda dengan Penyedia Layanan Kesehatan yang terhubung melalui nomor telepon pada situs Kami tersimpan secara otomatis dan diarsipkan untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan Kami. Kerahasiaan percakapan Anda terjamin dan informasi tidak akan disebarluaskan.

13.6

Selama Syarat dan Ketentuan ini berlaku, Anda dilarang untuk mengalihkan sebagian atau seluruhnya hak dan kewajibannya kepada pihak ketiga lainnya.

13.7

Dalam hal ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dinyatakan tidak sah baik keseluruhan maupun sebagian, maka ketidakabsahan tersebut hanya berkaitan pada ketentuan itu atau sebagian daripadanya saja, sedangkan ketentuan lainnya dari syarat dan ketentuan ini akan tetap berlaku dan mempunyai kekuatan hukum. Terhadap ketentuan yang tidak sah tersebut, maka para pihak sepakat untuk menggantinya dengan ketentuan yang sah menurut hukum.

13.8

Hubungan Anda dengan Kami merupakan suatu hubungan independen dan di antaranya tidak terdapat hubungan keagenan, kemitraan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau pemilik waralaba-pewaralaba yang akan timbul dengan adanya Syarat Ketentuan ini.

13.9

Judul-judul di dalam Syarat dan Ketentuan ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam pasal tersebut.

13.10

Kami memiliki hak untuk menggunakan hak Kami untuk setiap pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini sepanjang yang dimungkinkan dan diperkenankan oleh hukum. Anda dengan ini mengakui bahwa Kami memiliki hak untuk memonitor akses penggunaan Platform untuk memastikan kepatuhan dengan Syarat dan Ketentuan ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.

13.11

Ketika menggunakan Layanan dan Platform Kami, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan pencucian uang dan/atau menggunakan uang yang berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum. Kami berhak untuk melaporkan transaksi yang dicurigai sebagai tindak pidana pencucian uang kepada pihak yang berwajib.

13.12

Kami berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakan manipulasi/kecurangan, seperti membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya jika ditemukan indikasi kecurangan, pencucian uang atau pelanggaran yang dilakukan oleh Anda atas Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

13.13

Anda dapat memberikan Data Pribadi dan Kami akan menyimpan serta menampilkannya dalam akun Anda. Kerahasiaan data Anda terjamin dan akan Kami dan/atau Penyedia Layanan Kesehatan gunakan untuk keperluan penyediaan Layanan serta layanan-layanan lain yang dilakukan di dalam Platform dan/atau tujuan lain yang telah Anda setujui sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan Kebijakan Privasi.

13.14

Ketentuan Penggunaan ini diatur dan ditafsirkan serta dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan Anda dengan tegas menyetujui bahwa ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan ketentuan lainnya yang mewajibkan adanya pengesahan atau persetujuan pengadilan untuk dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan tidak berlaku terhadap Syarat dan Ketentuan ini.

14.

HUBUNGI KAMI

Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Platform atau Syarat dan Ketentuan ini, silakan hubungi layanan pelanggan Kami di:

email-icon

Helpline@gsilab.id

whatsapp-icon

0811-1965-699

phone-icon

021-3950-5699

Salah Input NIK (Nomor Induk Kependudukan)

1.

Mohon mengisi NIK sesuai dengan NIK yang tercantum pada KTP Calon Pasien.

2.

Hasil anda akan terkoneksi secara otomatis dengan Peduli Lindungi sesuai dengan NIK yang diisi pada form pendaftaran.

3.

Kami tidak bertanggung jawab atas setiap bentuk kesalahan penulisan yang dilakukan oleh Calon Pasien. Apabila terdapat pihak ketiga yang merasa dirugikan akibat kesalahan yang dilakukan oleh Calon Pasien/Pasien, kami akan berupaya memfasilitasi atau menghubungkan Pihak Ketiga dengan Calon Pasien/Pasien (apabila diperlukan).

Kartu Kredit

1.

Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian pemeriksaan laboratorium Situs GSI Lab.

2.

Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 899.000 (delapan ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) hingga maksimal Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah).

3.

Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh GSI Lab.

4.

Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.

5.

Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan GSI Lab, maka GSI Lab berwenang untuk:

6.

Apabila transaksi pembelian tidak berhasil, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan GSI Lab.

a.

menahan dana transaksi selama diperlukan oleh GSI Lab, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;

7.

Setiap transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit hanya disediakan untuk pemegang BCA Card cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 0% (nol persen).

Refund

Permintaan refund hanya akan dilayani dengan permohonan kriteria berikut ini:

1.

Berhalangan hadir karena force majeure (bencana alam)

2.

Kesalahan teknis pada sistem (pembayaran double)

Apabila permintaan tidak sesuai dengan kriteria di atas, maka:

1.

Permintaan refund tidak dapat diproses

2.

Nama Peserta tidak dapat dipindah-tangankan

3.

Dapat difasilitasi untuk penggantian jadwal (hubungi helpline GSI)

Permintaan refund wajib mengikuti beberapa syarat di bawah ini:

1.

Pasien sudah melakukan pembayaran via website www.gsilab.id.

2.

Dapat memperlihatkan booking ID & bukti transfer.

3.

Membawa KTP yang sesuai dengan data pendaftaran sebagai bukti identitas yang sah.

4.

Proses refund akan memakan waktu 7-10 hari (setiap hari Senin).

Hasil Swab Test Sameday

Peserta wajib memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

1.

Melakukan registrasi pada website GSI 1 hari sebelumnya (H-1) dan memilih layanan Sameday Results dengan jadwal maksimal jam 12.45.

2.

Memperlihatkan booking ID kepada tim admission drive, ride, dan walk-thru (sebagai bukti bahwa registrasi sudah berhasil dan masuk ke sistem)

3.

Data nama lengkap dan tanggal lahir benar dan sesuai dengan kartu identitas.

4.

Alamat email peserta diisi dengan benar dan merupakan email aktif.

5.

Wajib datang 15-30 menit sebelum waktu yang dipilih saat pendaftaran, keterlambatan akan menghambat waktu keluar hasil test.

6.

Untuk hasil Sameday akan selesai maksimal jam 23.59 pada hari yang sama. Tetapi untuk hasil yang memerlukan konfirmasi ulang, hasil akan diterima maksimal 24 jam dari pengambilan sampel (akan dihubungi lebih lanjut).

7.

Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka GSI Lab tidak dapat menjamin hasil test dapat selesai pada hari yang sama dan tidak ada refund (NON-REFUNDABLE).

Hasil Swab Test 1x24 jam

1.

Jadwal pelayanan setiap hari (Senin-Minggu & hari libur)

2.

Hasil tes akan diterima dalam 1x 24 jam

Home Service Order

1.

Melakukan registrasi pada website GSI 1 hari sebelumnya (H-1) maksimal pukul 17:00.

2.

Minimal jumlah peserta yang didaftarkan adalah 4 orang.

3.

Mengisi lokasi swab yang merupakan alamat dilaksanakan home service.

4.

Pemesananan hanya berlaku untuk wilayah DKI Jakarta saja (untuk lokasi bodetabek dapat menghubungi helpline terlebih dahulu).

5.

Konfirmasi email terkait jadwal & booking ID akan dikirimkan ke email akun yang digunakan untuk pendaftaran.

6.

Setelah selesai melakukan pembayaran, akun pemesan akan dihubungi oleh tim helpline GSI untuk validasi pendaftaran dengan menunjukkan booking ID yang diterima di email.

7.

Data nama lengkap & tanggal lahir diisi sesuai dengan kartu identitas.

8.

Alamat email peserta diisi dengan benar dan merupakan email aktif. Kesalahan penginputan dapat menyebabkan resiko tidak menerima hasil.

9.

Tidak dapat melakukan pengurangan peserta yang sudah terdaftar

10.

Tidak ada refund bagi peserta yang tidak bisa datang swab pada jadwal yang ditentukan

Syarat & Ketentuan PCR Kumur

1.

PCR Kumur ialah tes deteksi virus SARS-CoV-2 (COVID-19) melalui alat PCR dengan metode kumur atau gargle. Kumur yang dimaksud ialah berkumur di tenggorokan bagian belakang dengan menengadahkan kepala dengan tujuan merontokkan sel mukosa di naso dan orofaring 1.

2.

Pasien yang mengambil layanan PCR kumur harus membaca & mengetahui syarat & ketentuan PCR kumur sebelum dilakukan pengambilan spesimen.

3.

Sebelum melakukan pengambilan spesimen, pasien dilarang untuk:

a.

Minimal 1 Jam sebelum pengambilan spesimen, pasien disarankan agar tidak makan, minum, merokok, berkumur & menggosok gigi

4.

Pengambilan spesimen PCR Kumur sangat bergantung kepada keterampilan pasien berkumur dan mengikuti & melakukan instruksi pengambilan sampel yang benar.

5.

Adapun tata cara pengambilan spesimen yang wajib untuk diketahui sebelum melakukan PCR Kumur ialah sebagai berikut:

a.

Tarik napas panjang 5X

b.

Batuk-batuk keras 6X

c.

Ambil tube biru lalu berkumur di tenggorokan bagian belakang selama 15 detik 1 detik ditahan dan ulangi sebanyak 3X

d.

Pasang corong & ludahkan

e.

Ambil tube merah masukan tuang ke dalam tube biru

f.

Kocok tube biru sebanyak 5X

6.

Pasien anak-anak harus dipastikan dapat melakukan kumur di tenggorokan bagian belakang.

7.

Kegagalan/kesalahan pasien dalam melakukan instruksi penggunaan bukanlah tanggung jawab GSI Lab.

8.

Sensitivitas PCR kumur ini ialah 93%-98%2&3

9.

Hasil PCR kumur yang difasilitasi di GSI Lab ialah:

a.

Sameday: Pasien datang sebelum jam 12.30

b.

H+1: Pasien datang diatas jam 12.30

Referensi:

2.

Goldfarb (2021). Journal of Clinical Microbiology.

3.

Biosaliva Clinical Trial

Persetujuan Medis/Informed Consent

1.

Mengerti tentang prosedur pemeriksaan dan efek samping yang mungkin terjadi saat dan setelah tindakan dan SETUJU untuk dilakukan tindakan.

Understand about the examination and the side effects that may occur during and after the procedures and AGREE to the procedures.

2.

Memberikan kuasa kepada GSI Lab untuk memberikan akses data medis kepada perusahaan / penjamin dan pelaporan kepada Dinas Kesehatan setempat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Authorize GSI Lab to provide access to medical data to the company according to the regulations.

3.

Setuju bahwa sample dan data hasil pemeriksaan dapat digunakan untuk penelitian ilmiah sesuai kode etik privasi medis dan peraturan yang berlaku.

Agree that the sample and examination data can be used for scientific research in accordance with the medical privacy code of ethics and applicable regulations.

KEBIJAKAN PRIVASI
GSILAB.ID

Kebijakan privasi ini (“Kebijakan Privasi") mengatur bagaimana PT Genomik Solidaritas Indonesia ("Kami"), memperoleh, mengumpulkan, menggunakan, menampilkan, mengumumkan, mengungkapkan, memproses, membukakan akses, menyimpan, mengirim, memberi, mengalihkan, mengolah, mengelola, memusnahka dan melindungi (secara bersama-sama, “Proses”, “Memproses” atau “Pemrosesan”) data pribadi dan data kesehatan Anda (“Data Pribadi”) yang Anda (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan (https://gsilab.id/tnc/) berikan kepada Kami dalam rangka penyediaan Layanan (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) oleh Kami.

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, maka Anda dianggap telah menyetujui Pemrosesan yang Kami lakukan terhadap Data Pribadi Anda terkait dengan penggunaan Platform (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan).

Anda diwajibkan untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami sepenuhnya sebelum menggunakan penggunaan setiap fitur dan/atau Layanan yang tersedia dalam Platform.

1.

LINGKUP KEBIJAKAN PRIVASI

1.1.

Kebijakan Privasi ini mengatur Pemrosesan Data Pribadi Anda.

1.2.

Permintaan Kami terhadap Data Pribadi Anda hanya akan digunakan untuk keperluan pemberian Layanan dan tujuan-tujuan yang tercantum dalam Pasal 4 Kebijakan Privasi ini dan Syarat dan Ketentuan.

1.3.

Kami berhak untuk sewaktu-waktu mengubah, menghapus dan untuk menerapkan ketentuan baru dalam Kebijakan Privasi ini. Perubahan tersebut akan Kami beritahukan kepada Anda sebelum perubahan tersebut dilakukan melalui Platform atau email ke alamat yang Anda berikan kepada Kami sebelumnya. Dengan tetap menggunakan Platform dan menerima Layanan setelah disampaikannya perubahan tersebut kepada Anda, Anda dianggap telah mengetahui dan menyetujui perubahan-perubahan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.

2.

DATA PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN

2.1.

Untuk menyediakan Layanan kepada Anda, Kami akan mengumpulkan Data Pribadi tertentu milik Anda melalui cara-cara yang disebutkan dalam Pasal 3 Kebijakan Privasi ini. Data Pribadi Anda yang Kami kumpulkan untuk kepentingan penyediaan Layanan meliputi, akan tetapi tidak terbatas pada:

1.2.

Permintaan Kami terhadap Data Pribadi Anda hanya akan digunakan untuk keperluan pemberian Layanan dan tujuan-tujuan yang tercantum dalam Pasal 4 Kebijakan Privasi ini dan Syarat dan Ketentuan.

a.

data pribadi yang meliputi informasi-informasi yang baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dapat mengidentifikasi diri Anda, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, jenis kelamin, alamat email, dan nomor polisi kendaraan Anda; dan

b.

data kesehatan yang meliputi semua informasi terkait dengan kondisi kesehatan Anda, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada informasi tentang diagnosis, riwayat penyakit, riwayat pemeriksaan, riwayat pengobatan, dan Hasil Pemeriksaan Anda;

c.

informasi-informasi ketika Anda menggunakan Platform, termasuk tetapi tidak terbatas pada lokasi atau koordinat Global Positioning System atau “GPS” (jika Anda mengaktifkan fitur ini), alamat protokol internet (jika menggunakan peramban internet), sistem operasi (operating system), jenis peramban internet, dan aktivitas Anda di Platform. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan layanan pengenalan lokasi saat Anda menggunakan Platform.

2.2.

Penyediaan Data Pribadi oleh Anda kepada Kami bersifat sukarela. Namun, jika Anda tidak dapat menyediakan Data Pribadi kepada Kami, maka Kami tidak akan dapat Memproses Data Pribadi Anda untuk keperluan yang diuraikan di bawah ini yang dapat menyebabkan Kami tidak dapat memberikan Layanan kepada Anda. Kami juga tidak dapat menangani permintaan Anda dan/atau menanggapi pertanyaan atau instruksi yang Anda sampaikan tanpa Data Pribadi Anda.

2.3.

Selain Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami secara langsung, Kami juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari Penyedia Layanan Kesehatan terkait dengan penyediaan Layanan.

2.4.

Anda dapat menghubungi Kami melalui kontak yang tersedia pada Pasal 12 Kebijakan Privasi ini. Dalam hal Anda menghubungi Kami sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.4 ini, Kami memiliki hak untuk meminta tambahan informasi dari Anda untuk kepentingan lain yang Kami miliki, selain dari Data Pribadi yang telah Anda berikan berdasarkan Pasal 2.1. dan Pasal 2.2. Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, dalam hal Anda tidak bersedia untuk memberikan informasi – informasi tersebut, Anda memiliki hak untuk tidak mengungkapkan informasi – informasi baru tersebut.

3.

CARA KAMI MENGUMPULKAN DATA PRIBADI ANDA

3.1.

Kami mengumpulkan Data Pribadi Anda melalui berbagai cara, termasuk tetapi tidak terbatas dengan cara-cara berikut:

a.

ketika Anda memasukkan Data Pribadi Anda melalui formulir pendaftaran yang tersedia di Platform;

b.

dari Penyedia Layanan Kesehatan dan para pihak ketiga sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 2.3 Kebijakan Privasi ini;

c.

ketika Anda meminta informasi mengenai Layanan atau mengajukan pertanyaan lain kepada Kami;

d.

ketika Anda menerima Layanan;

e.

ketika Anda memberikan umpan balik tentang Layanan kepada Kami, atau ketika Anda mengisi kuesioner atau survei apa pun yang Kami sediakan;

f.

dari sumber informasi yang tersedia untuk umum dan sumber – sumber lainnya sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 2.3 Kebijakan Privasi ini; dan

g.

ketika Anda memberikan Data Pribadi Anda kepada Kami.

3.2.

Informasi lain, seperti jenis peramban, termasuk dalam "cookie". cookie adalah informasi yang dapat dikirim oleh aplikasi, aplikasi web, dan/atau portal web ke perangkat keras komputer seseorang untuk disimpan. cookie mempermudah penggunaan Platform dengan menyimpan informasi tentang pilihan Anda di aplikasi, aplikasi web, dan/atau portal web tertentu. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan penuh dari Layanan yang ditawarkan kepada Anda. Penggunaan cookie adalah standar industri yang digunakan oleh sebagian besar aplikasi, aplikasi web, dan/atau portal web utama. Sebagian besar peramban internet diatur untuk menerima cookie. Jika Anda memilih untuk tidak menerima cookie, Anda dapat menyesuaikan peramban internet Anda untuk menonaktifkan cookie atau memperingatkan Anda ketika cookie sedang digunakan.

3.3.

Kami dapat menggunakan cookie untuk mengidentifikasi Anda dari pengguna lain di dalam Platform. Seperti disebutkan di atas, cookie adalah file kecil huruf dan angka yang Kami simpan di peramban Anda atau perangkat keras Anda. Anda dapat memblokir atau menonaktifkan cookie di pengaturan peramban Anda. Kami menggunakan cookie log-in untuk mengingat Anda ketika Anda masuk ke Platform untuk pengalaman yang baik bagi Anda. Kami menggunakan cookie sesi untuk melacak pergerakan Anda dari halaman ke halaman dan untuk menyimpan input yang Anda pilih sehingga Anda tidak terus-menerus dimintai informasi yang sama dalam Platform. Namun, harap perhatikan bahwa kami tidak memiliki kendali atas cookie yang digunakan oleh pihak ketiga. Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis cookie dan cara kerjanya kunjungi www.allaboutcookies.org.

3.4.

Platform ini dapat mencakup tautan yang memungkinkan Anda untuk mengakses sejumlah situs dan aplikasi daring lain yang tidak disediakan oleh Kami yang tunduk pada Kebijakan Privasi masing – masing yang mereka sediakan. Dalam hal ini, Kami sangat menyarankan Anda membaca ketentuan privasi dan keamanan yang relevan dengan situs-situs tersebut agar Anda memahami bagaimana organisasi-organisasi tersebut menangani Data Pribadi Anda.

4.

TUJUAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI ANDA

4.1.

Kami akan Memproses Data Pribadi Anda untuk tujuan-tujuan yang berkaitan dengan penyediaan Layanan kepada Anda, yang meliputi, akan tetapi tidak terbatas pada tujuan sebagai berikut:

a.

untuk memproses, melakukan validasi, mengelola, atau melakukan verifikasi pendaftaran Anda;

b.

untuk menyampaikan Hasil Pemeriksaan kepada Anda;

c.

untuk mematuhi atau menegakkan Syarat dan Ketentuan dari setiap kontrak atau perjanjian yang dibuat antara Kami dan Anda;

d.

untuk menghubungi atau berkomunikasi dengan Anda melalui telepon, pesan teks dan/atau pesan faks, email dan/atau surat pos untuk keperluan penyediaan Layanan;

e.

untuk tujuan pemasaran dan dalam hal ini, kami akan menyediakan informasi pemasaran, periklanan dan promosi, materi dan/atau dokumen yang berkaitan dengan produk, kontes, layanan dan/atau acara (termasuk dari pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami) yang dapat dijual, dipasarkan, ditawarkan, diorganisir, melibatkan atau dipromosikan oleh Kami atau pihak ketiga, dengan bentuk komunikasi apapun, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada melalui panggilan suara, pesan teks, surat pos, faks, transmisi elektronik ke alamat email Anda, atau melalui teknologi lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan perlindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia. Anda dapat memilih untuk keluar dari ketentuan pemasaran ini kapan saja dengan mengirimkan email kepada kami melalui alamat email Kami sebagaimana tercantum dalam Pasal 12 Kebijakan Privasi ini.

f.

untuk memproses partisipasi Anda dalam setiap acara, kegiatan, focus group , studi penelitian, kontes, promosi, atau jajak pendapat;

g.

untuk melakukan validasi dan memproses pembayaran yang berkaitan dengan Layanan;

h.

untuk melakukan penelitian (termasuk penelitian pelanggan), survei, survei pasar, analisis dan/atau kegiatan pengembangan (termasuk tetapi tidak terbatas pada analisis data dan/atau pembuatan profil) untuk meningkatkan layanan dan fasilitas Kami, atau untuk meningkatkan interaksi lanjutan antara Anda dan kami yang terhubung atau terkait dengan Platform, atau meningkatkan produk atau layanan Kami. Tanpa membatasi sifat umum dari hal tersebut di atas, kami dapat/akan dalam hal ini mengirimkan survei kepada Anda atau meminta survei tatap muka atau wawancara telepon, melalui email atau surat pos;

i.

untuk melaksanakan instruksi Anda atau menanggapi setiap pertanyaan yang diberikan oleh (atau dimaksudkan untuk diberikan oleh) Anda atau atas nama Anda termasuk menanggapi pertanyaan dan keluhan Anda;

j.

menggunakan cookie untuk meningkatkan kualitas proses, iklan, pemberitahuan, otentikasi, keamanan dan kepatuhan Kami, analisis dan manajemen preferensi Kami;

k.

untuk mencegah atau menginvestigasi kecurangan, aktivitas yang melanggar hukum atau kelalaian atau perilaku yang salah, baik ada ataupun tidak serta kecurigaan terhadap hal tersebut di atas; menangani benturan kepentingan (conflict of interest); atau berurusan dengan dan/atau menginvestigasi pengaduan;

l.

untuk mematuhi atau sebagaimana dipersyaratkan oleh hukum yang berlaku, berdasarkan perintah pengadilan, perintah badan pengawas, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku untuk Kami, termasuk memenuhi persyaratan untuk mengungkapkan berdasarkan persyaratan hukum apa pun yang mengikat kita, dan/atau untuk tujuan pedoman apa pun yang dikeluarkan oleh badan pengatur atau pihak berwenang lainnya di Indonesia, yang diharapkan dapat kita patuhi;

m.

untuk menyimpan atau mencadangkan (baik untuk pemulihan sistem atau lainnya) Data Pribadi Anda.

5.

BAGAIMANA DATA PRIBADI ANDA DISIMPAN, DITANGANI, DAN DIKELOLA

5.1.

Kami sangat berhati-hati dalam melindungi Data Pribadi Anda. Dalam hal ini, Kami akan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Anda dirahasiakan dan aman, serta mengambil langkah-langkah teknis dan organisasional yang wajar untuk melindungi Data Pribadi Anda dari kerusakan yang tidak sah atau tidak disengaja, kehilangan yang tidak disengaja, dan/atau bentuk Pemrosesan yang tidak sah.

5.2.

Setiap informasi yang disimpan dalam sistem Kami dilindungi dari akses tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi pengguna.

5.3.

Perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui internet tidak pernah sepenuhnya aman, dan sementara Kami berupaya menggunakan upaya terbaik Kami untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Anda, Kami tidak dapat menjamin keamanan informasi yang disediakan atau dikirimkan kepada Kami oleh Anda. Pemberian informasi oleh Anda merupakan risiko Anda sendiri.

5.4.

Kami juga akan memberlakukan tindakan sedemikian rupa agar Data Pribadi Anda yang ada di bawah kendali Kami dihapuskan dan/atau dianonimkan apabila (i) tujuan pengumpulan Data Pribadi tidak lagi relevan dengan penyimpanan Data Pribadi; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum atau bisnis apa pun. Dalam hal apa pun, penghapusan Data Pribadi yang ada di bawah kendali Kami akan dilakukan tidak lebih dari 5 (lima) tahun setelah data tersebut dikumpulkan, kecuali penghapusan diminta oleh Anda sebelum waktu tersebut.

5.5.

Anda mengetahui dan menyetujui bahwa untuk memudahkan penyediaan Layanan kepada Anda, Hasil Pemeriksaan akan diberikan dalam format digital dan diunggah ke dalam akun Anda di dalam Platform atau jika Anda meminta salinan fisik, dengan pengiriman melalui pos kepada alamat yang telah Anda berikan kepada Kami. Hasil Pemeriksaan akan dijamin kerahasiaannya dengan menggunakan sistem keamanan sesuai standar baku dalam peraturan perundang - undangan yang berlaku di Indonesia. Hasil Pemeriksaan akan Kami sediakan dalam waktu sebagaimana Anda tentukan setelah menerima spesimen Anda dalam format digital pada e-mail terdaftar Anda.

5.6.

Dalam hal Anda melakukan pendaftaran untuk pihak lain dan/atau untuk kelompok, Anda wajib untuk meminta persetujuan dari pihak (-pihak) lain tersebut dan untuk bertanggung jawab atas kerahasiaan dari Data Pribadi milik pihak (-pihak) tersebut. Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, gugatan, klaim dari orang lain terkait Data Pribadi orang lain tersebut.

6.

KEAMANAN DATA PRIBADI ANDA

6.1.

Kami menjaga pengamanan administrasi, teknis, dan fisik sistem Kami untuk melindungi Data Pribadi Anda dari akses, penggunaan, modifikasi, dan pengungkapan yang tidak sah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami juga memiliki komitmen untuk menggunakan teknologi yang wajar dalam melindungi keamanan Platform. Namun, Kami menyadari bahwa bahkan dengan teknologi terbaik, tidak ada aplikasi, aplikasi web, dan/atau portal web yang 100% aman dari pihak ketiga. Dengan demikian, Kami akan mengambil langkah-langkah wajar yang kami yakini sesuai untuk melindungi Data Pribadi Anda dari kehilangan, penyalahgunaan, perusakan, atau kehancuran, dan, jika mungkin, akan meminta pihak ketiga yang menerima Data Pribadi tersebut dari kami untuk mengambil langkah yang sebanding untuk menyediakan perlindungan terhadap Data Pribadi Anda.

6.2.

Kami akan menghubungi Anda melalui alamat email atau kontak lain yang Anda berikan kepada Kami pada saat pendaftaran, dalam hal terjadi kegagalan perlindungan Data Pribadi maupun hal lainnya terkait dengan keamanan Data Pribadi Anda.

7.

PENGUNGKAPAN ATAU PENGIRIMAN DATA PRIBADI ANDA

7.1.

Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Anda yang Kami Proses. Akan tetapi, Kami mungkin/akan perlu mengungkapkan dan/atau mengirimkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga termasuk kepada afiliasi Kami yang mungkin berlokasi di dalam atau di luar Indonesia, untuk mencapai sebagian atau seluruh tujuan yang tercantum dalam Pasal 4 Kebijakan Privasi ini dan/atau memenuhi kewajiban hukum Kami. Pengungkapan Data Pribadi tersebut dapat dilakukan:

a.

kepada pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami untuk membantu Kami dalam menyediakan Layanan kepada Anda, termasuk Penyedia Layanan Kesehatan;

b.

kepada Lembaga/badan pemerintah, aparat penegak hukum, atau organisasi lain di mana Kami diharuskan untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk akan tetapi tidak terbatas kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan sebagaimana telah ditentukan berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan Uji Real Time-Polymerase(RT-PCR) SARSCoV-2 bagi Laboratorium di Lingkungan Rumah Sakit dan Laboratorium Lain yang Melakukan Pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) (“SE No. 234/2020”) sebagai laboratorium rujukan nasional pemeriksaan Covid-19 (“Laboratorium Rujukan Nasional Covid-19”) dan dinas kesehatan domisili Anda;

c.

untuk kepentingan Kesehatan Anda;

d.

atas permintaan dan/atau persetujuan Anda sendiri;

e.

untuk kepentingan penelitian dan pendidikan;

f.

kepada pemasok, agen, dan pihak ketiga lainnya yang memiliki hubungan komersial dengan kami, untuk tujuan bisnis, pemasaran, dan yang terkait termasuk tetapi tidak terbatas pada mereka yang menyediakan layanan administratif atau layanan lain kepada kami seperti layanan pengantar surat, pusat panggilan, perusahaan telekomunikasi, perusahaan logistik, perusahaan teknologi informasi dan pusat data;

g.

untuk kepentingan riset pasar, pemasaran dan/atau penyedia layanan telemarketing;

h.

kepada penasihat profesional Kami, antara lain, auditor dan pengacara Kami, serta perusahaan asuransi Kami;

i.

kepada penerima pengalihan sebenarnya atau yang diusulkan atau penerima pengalihan dari bisnis Kami, atau entitas yang dilebur dalam hal Kami dilebur untuk menciptakan entitas gabungan tersebut; dan/atau

j.

kepada pihak ketiga lain kepada siapa pengungkapan oleh Kami dilakukan untuk sebagian atau seluruh tujuan yang tercantum dalam Pasal 4 Kebijakan Privasi ini dan pihak ketiga tersebut pada gilirannya akan Memproses Data Pribadi Anda untuk sebagian atau seluruh tujuan-tujuan yang tercantum dalam Pasal 4 Kebijakan Privasi ini.

7.2.

Kami juga dapat mengirimkan Data Pribadi pada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh Kami yang mungkin dikelola oleh pihak ketiga sehubungan dengan penyediaan Layanan kepada Anda. Meskipun demikian, pemanfaatan Data Pribadi sehubungan dengan penyediaan Layanan akan terus diatur oleh Kebijakan Privasi ini sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

7.3.

Untuk memenuhi kewajiban hukum Kami berdasarkan SE No. 234/2020, khususnya dalam melakukan pemeriksaan spesimen Covid-19, Kami akan mengirimkan Hasil Pemeriksaan positif dan negatif Covid-19 kepada Kepala Laboratorium Rujukan Nasional Covid-19 untuk keperluan diagnosis dan tatalaksana kasus, serta dinas kesehatan domisili Anda untuk kepentingan penyelidikan epidemiologi.

8.

AKSES DAN PERBAIKAN DATA PRIBADI ANDA ATAU PENARIKAN KEMBALI PERSETUJUAN

8.1.

Kami mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Kami Memproses setiap Data Pribadi secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Anda untuk memberi tahu Kami secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Anda atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Anda yang berada di bawah kendali Kami.

8.2.

Anda memiliki hak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Anda yang berada di bawah kendali Kami dengan mengajukan permintaan akses atau koreksi Data Pribadi secara tertulis kepada Kami melalui kontak yang tersedia di Pasal 12 Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan Kami proses apabila Anda telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap Data Pribadi tersebut.

8.3.

Kami dapat membebankan biaya administrasi kepada Anda untuk menangani permintaan Anda untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Anda.

8.4.

Terkait dengan permintaan akses dan/atau koreksi Data Pribadi, setelah Kami memiliki informasi yang cukup dari Anda untuk menangani permintaan tersebut, Kami akan berusaha untuk memberi Anda Data Pribadi yang relevan dalam jadwal yang ditentukan berdasarkan undang-undang dan peraturan perlindungan data pribadi yang berlaku. Apabila kami tidak dapat menanggapi Anda dalam kurun waktu yang telah ditentukan, kami akan memberi tahu Anda dalam kurun waktu yang sesingkat mungkin jadwal baru kapan Kami dapat memberikan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi yang Anda minta.

8.5.

Anda dapat menarik persetujuan yang telah Anda berikan terkait dengan Pemrosesan Data Pribadi Anda yang ada di bawah kendali Kami dengan mengirimkan permintaan tersebut ke kontak Kami yang tercantum dalam Pasal 12 Kebijakan Privasi ini. Kami akan memproses permintaan Anda dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak Memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan permintaan awal Anda, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, terdapat kemungkinan bahwa Kami tidak dapat melaksanakan kewajiban – kewajiban Kami berdasarkan setiap perjanjian antara Anda dengan Kami. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan Kami tidak dapat melaksanakan kewajiban – kewajiban Kami oleh karena Anda menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Anda dengan Kami menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan.

9.

PENGADUAN TERKAIT DENGAN PERLINDUNGAN DATA PRIBADI

9.1.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Kami terhadap Data Pribadi Anda atau jika Anda yakin bahwa privasi Anda telah dilanggar, Anda dapat menghubungi Kami melalui kontak Kami yang tercantum dalam Pasal 12 Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Anda.

9.2.

Kami akan menyelidiki keluhan Anda dan berupaya untuk memberikan tanggapan Kami kepada Anda dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang Anda sampaikan.

10.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

10.1.

Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Kami berhak untuk melakukan verifikasi langsung kepada Anda atau pihak lainnya atas informasi mengenai data diri yang telah disampaikan Anda kepada Kami.

10.2.

Dengan menggunakan Platform dan menerima Layanan, Anda menjamin bahwa Data Pribadi dan informasi yang Anda berikan merupakan Data Pribadi dan informasi yang akurat, lengkap, dan benar.

10.3.

Apabila Data Pribadi dan/atau informasi yang Anda berikan tersebut ternyata tidak akurat dan/atau benar, maka Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian dan penggunaan Data Pribadi dan/atau informasi tidak benar tersebut.

11.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

11.1.

Kebijakan Privasi ini beserta setiap formulir, dokumentasi serta semua hal yang berkaitan dengan akses Anda pada/atau penggunaan Platform dan penyediaan Layanan akan diatur oleh dan ditafsirkan menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

11.2.

Bahasa yang digunakan dalam Kebijakan Privasi Ketentuan ini dan seluruh komunikasi antara Anda dan Kami yang berkaitan dengan Kebijakan Privasi adalah Bahasa Indonesia.

11.3.

Setiap dan semua sengketa, konflik, atau klaim yang timbul dari, atau berkaitan dengan Kebijakan Privasi terkait dengan penerapan Kebijakan Privasi ini, termasuk keraguan tentang keberadaan, validitas, atau pemutusannya ("Sengketa"), harus diselesaikan dengan pertimbangan dengan niat baik oleh Kami atau Anda dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah salah satu pihak memberi tahu pihak lain dari Sengketa.

Jika Sengketa tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah dalam periode tersebut, Sengketa akhirnya akan diselesaikan melalui arbitrase berdasarkan aturan administratif dan prosedur Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI") yang berdomisili di Wahana Graha Lantai 1 & 2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia, sesuai dengan aturan-aturan arbitrase BANI tersebut yang berlaku pada saat itu di mana aturan-aturan tersebut dianggap digabungkan dengan merujuk pada Pasal ini. Majelis akan terdiri dari tiga (3) orang arbiter, dan satu orang arbiter akan ditunjuk oleh Kami, satu orang arbiter akan ditunjuk oleh Anda dan satu orang arbiter akan ditunjuk oleh kedua orang arbiter yang ditunjuk oleh masing-masing pihak yang bersengketa atau oleh BANI apabila kedua orang arbiter tersebut tidak dapat mencapai kesepakatan. Bahasa arbitrase akan dalam bahasa Indonesia.

Selama Sengketa belum diselesaikan melalui suatu putusan final dan mengikat dari BANI, seluruh ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini akan tetap berlaku dan efektif dan Anda tetap diwajibkan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban Anda berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

Putusan arbitrase yang diberikan akan bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pertimbangan atasnya di Indonesia atau di tempat lain. Anda dan Kami dengan ini secara tegas mengesampingkan setiap ketentuan hukum Indonesia yang akan dengan cara lain memberikan suatu hak untuk mengajukan banding atas putusan arbitrase.

Putusan arbitrase yang diberikan akan bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pertimbangan atasnya di Indonesia atau di tempat lain. Anda dan Kami dengan ini secara tegas mengesampingkan setiap ketentuan hukum Indonesia yang akan dengan cara lain memberikan suatu hak untuk mengajukan banding atas putusan arbitrase.

11.4.

Para pihak menjamin untuk tunduk pada ketentuan-ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik, Peraturan Menteri Kesehatan No. 269/Menkes/Per/III/2008 Tahun 2008 tentang Rekam Medis, serta peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.

12.

HUBUNGI KAMI

Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Platform atau Kebijakan Privasi ini, silakan hubungi layanan pelanggan Kami di:

e-mail : helpline@gsilab.id

Telepon : +62-21-3950-5699

Informasi Syarat & Ketentuan Perlindungan Asuransi WE+ DISCLAIMER

GSI adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan laboratorium mikrobiologi klinik.

We+ adalah badan usaha penyedia platform digital asuransi di Indonesia yang dalam hal ini akan menjadi pihak yang bertanggungjawab terhadap proses klaim asuransi perlindungan WE+ untuk peserta.

Peserta adalah orang perorangan yang menggunakan jasa GSI guna keperluan pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan metode PCR yang telah setuju untuk menggunakan benefit tambahan berupa produk asuransi dari We+ (Asuransi).

Peserta memahami bahwa GSI tidak pernah menginstruksikan, memaksa, menjanjikan kepada peserta melainkan dalam hal ini hanya sebatas perantara dalam memberikan informasi produk Asuransi kepada Peserta.

Peserta memberikan kewenangan sepenuhnya kepada GSI untuk memberikan data pribadinya kepada WE+ guna pendaftaran/pembuatan dokumen polis Asuransi.

Informasi Klaim & Biaya Product

Biaya produk perlindungan Asuransi sebesar Rp40,000.

Peserta dapat melakukan klaim dengan keuntungan berupa fasilitas PCR Swab Gratis di GSI lab maksimal sampai Rp5.000.000 selama hasil PCR test Covid-19 masih positif.

Peserta berhak mendapatkan santunan sebesar Rp25,000,000 apabila Peserta dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

Terhadap pengajuan klaim serta informasi lebih lanjut mengenai Asuransi, Peserta dapat menghubungi Customer Service di

• RAYHAN: 0811 9416 692

• KARINA: 0812 1935 7445

Syarat untuk dapat melakukan klaim PCR Swab Gratis perlindungan WE+ :

1.

Peserta merupakan warga negara Indonesia, tidak berlaku untuk anggota militer, kepolisian aktif dan atlet professional.

2.

Masa tunggu Asuransi adalah 8 hari sejak polis aktif (Peserta baru dapat melakukan klaim setelah 8 hari sejak melakukan pembayaran dan harus dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal setelah masa tunggu selesai)

3.

Maksimal klaim adalah 30 hari sejak masa tunggu Asuransi selesai.

4.

Maksimal pembelian 1 polis untuk 1 tertanggung. (Hanya boleh melakukan 1 kali pembelian Asuransi dalam satu periode masa tunggu & polis aktif)

5.

Batas Usia peserta mulai dari 6 bulan hingga 60 tahun.

6.

Informasi lebih lanjut terkait Asuransi dapat dilihat pada BINDER INSURANCE.